Mujahadah dan Cara Ibadah Sayyid Muhammad al-Maliki

Adapun mujahadah beliau dalam beribadah kepada Allah sudah diketahui oleh mereka yang dekat dengannya. Beliau tidak pernah terlihat shalat lima waktu sendirian, artinya selalu berjama'ah dan di awal waktu.

Beliau bangun pada setengah malam yang kedua atau sepertiga malam akhir untuk melakukan qiyamullail. Beliau juga sering berangkat ke Masjidil Haram di tengah malam untuk melakukan thawaf dan tahajjud di sana. Biasanya beliau mengajak salah satu muridnya untuk menemani beliau.

Pada awal awal perjalanan beliau banyak berdzikir kepada Allah disaat khalwat (menyendiri) dengan Al-Asma'ul Khusna pada waktu yang cukup lama. Beliau tidak kenal lelah dan bosan. Beliau menghidupkan malam pada waktu yang lama. Sampai suatu ketika beliau bermimpi Rasulullah SAW menegurnya dengan sabda beliau:

إ ن لنفسك عليك حقا وإ ن لأ هلك عليك حقا وإ ن لضيفك عليك حقا فا عط كل ذي حق حقه

"Sesungguhnya untuk dirimu (badanmu) memiliki hak, untuk keluargamu memiliki hak dan untuk tamu juga memiliki hak, maka berikanlah kepada mereka haknya masing-masing."

Beliau senantiasa memakmurkan umurnya dengan amal-amal kebaikan. Beliau mengatur waktu mengajarnya, mengarang kitab dan membaca wirid-wirid. Tidak kosong satu nafas dari nafas-nafas beliau dari ta'at kepada Allah. Dikatakan oleh ahli hikmah,
"Sesungguhnya keberkahan waktu terletak pada pengaturan dalam pembagiannya"

Beliau mengisi waktu pagi dan sore untuk mengarang atau mendektekan karangannya kepada sebagian muridnya. Dan diisi pula waktu ini dengan mengajar atau menemui tamu yang datang berkunjung.

Waktu tertentu diisi oleh beliau dengan membaca al-Qur'an dan ada waktu khusus untuk keluarga, beliau duduk dan bercengkerama bersama mereka.
Beliau tidak makan siang dan malam kecuali bersama ibunya untuk menghibur dan menyenangkan hatinya, kecuali jika ada undangan atau hajat tertentu. Beliau juga sering bercerita sesuatu yang menghibur pada ibunya.

Tidak ada komentar untuk "Mujahadah dan Cara Ibadah Sayyid Muhammad al-Maliki "