Kemuliaan Ilmu dan Tarbiyah bagi Sayyid Muhammad al-Maliki

Disisi beliau, ilmu agama begitu mulia, mahal dan sangat berharga. Beliau tidak menempatkan ilmu kecuali pada tempatnya dan tidak memberikannya kecuali sudah menjadi maklum.

Tidaklah mudah bagi setiap orang untuk menjadi murid beliau yang tinggal bersamanya di ribath yang penuh berkah. Beliau tidak menerima seorang murid khusus kecuali setelah melakukan istikharah. Beliau sering berkata, "Tidaklah aku menerima seorang pun untuk belajar kepadaku (secara khusus) bertempat di ribath kecuali dengan isyarah". Yaitu isyarah atau petunjuk dari Rasulullah SAW.

Dari sinilah kita dapat mengetahui bahwa beliau salah satu dari hamba Allah yang mendapat keistimewaan dengan dididik dan diperhatikan langsung oleh kakek beliau yang mulia, Nabi Muhammad SAW dalam semua keadaan beliau.

Hubungan yang begitu kuat dengan Rasulullah SAW sangat tampak pada diri beliau. Setiap akan melakukan safar (perjalanan) beliau akan ziarah terlebih dahulu kepada Rasulullah SAW dan ketika pulang kembali, beliau berziarah terlebih dahulu kepada Rasulullah SAW.

As-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki adalah seorang guru sekaligus ayah bagi murid-muridnya. Beliau mendidik mereka dengan metode yang telah diterapkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini begitu tampak dalam keseharian dan pergaulan beliau bersama murid-muridnya. Sehingga tarbiyah (pendidikan) seperti itu sangat berpengaruh pada diri murid-muridnya.

Mereka merasakan kasih sayang dan rahmat serta pekerti yang luhur dari diri sang guru, disamping kewibawaan yang besar yang selalu meliputi beliau. Jika didapatinya seorang murid melakukan hal yang kurang pantas atau meninggalkan sesuatu yang terpuji, maka beliau akan memperingatinya.

Beliau memuji suatu perbuatan yang baik di hadapan orang yang berbuat tidak pantas itu agar dia tersadarkan untuk melakukan yang terpuji dan meninggalkan yang tidak pantas. Jika dilihatnya seorang murid meninggalkan suatu perbuatan yang terpuji (baik), maka beliau menyebutkan betapa ruginya seseorang yang melewatkan fadhilah atau keutamaan melakukan perbuatan itu. Maka siapa yang mempunyai mata hati tentu dia akan memahami maksud yang tersirat dalam ucapan beliau.

Tidak ada komentar untuk "Kemuliaan Ilmu dan Tarbiyah bagi Sayyid Muhammad al-Maliki"